Taiwan Lirik Potensi Sektor Logistik Tanah Air

Pengusaha-pengusaha asal Taiwan mengaku tertarik dengan bisnis logistik di Indonesia. Kondisi geografis yang berupa negara kepulauan menjadi daya tarik tersendiri bagi negara lain untuk masuk dan membenamkan dananya untuk mencicipi “kue logistik”.

Director of Economic Division The Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jack Chen-Huan Hsiao mengatakan bisnis logistik di Indonesia memiliki peluang cukup baik, mengingat Indonesia terdiri atas ribuan pulau.

“Itu tantangan pengusaha, ini peluang bisnis logistik,” katanya di Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Lebih lanjut dirinya mengatakan dengan sistem dan teknologi logistik di Taiwan, membuat pengiriman barang dapat selesai hanya dalam waktu 1 hari. Di samping itu, sektor infrastruktur juga tampaknya bakal di jajaki oleh Taiwan.

Hal itu merupakan turunan dari disetujuinya anggaran senilai USD3,3 miliar untuk pengembangan infrastruktur di Asia Tenggara. Rencananya Taiwan bakal masuk ke proyek pembangkit listrik.

Belum adanya PMA asal taiwan yang secara total menjadi pengembang Independent Power Plant (IPP) menjadi salah satu alasan negara ini untuk masuk dan ikut mengembangkan kue infrastruktur tanah air.

“Taiwan memang memiliki proyek pembangkit listrik tenaga sampah di Indonesia. Namun, di dalam proyek itu, Taiwan bermitra dengan perusahaan lain,” tutupnya.

 

Penulis: Gito Adiputro Wiratno

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Antara/Ampelsa