Pengertian Cargo Barang

Pengertian Cargo Barang

Pengertian Cargo Barang dalah barang yang dikirimkan melalui udara, laut, atau udara pengiriman barang biasanya dilakukan di antar wilayah / kota, di dalam negeri maupun antar negara yang biasa disebut dengan istilah eksport – impor. Pihak Utama yang terkait dengan pengiriman cargo yaitu pihak pengirim atau penerima, pihak pengangkut, dan pihak ground handling atau warehouse operator. Biasanya shipper bisa berupa perorangan, badan usaha, dilakukan secara langsung tanpa perantara atau melalui jasa ekspedisi pengiriman barang yang dikenal dengan istilah freight forwarder atau jasa ekspedisi muatan pesawat udara. Anda ingin melakukan transaksi pengiriman barang tapi bingung bagaimana caranya? Yuk tunggu apalagi segera kirim barang pengiriman anda melalui jasa ekspedisi kami sekarang juga! Silahkan hubungi tim Marketing cargomurah.id di nomor telefon:

0857-1618-4607/0812-9449-7424 (Lestari)

Email : [email protected]

Pengertian Cargo Barang

Cargo Area

Yang dimaksud dengan Cargo Handling adalah suatu rangkaian suatu rangkaian proses pekerjaan cargo pada saat mulai diterima sampai dimuat kedalam pesawat untuk diangkut dari satu kota ke kota lain didalam dan luar negeri.

Proses pekerjaan Cargo Area antara lain :

  1. Penerimaan barang
  2. Timbang berat barang
  3. Pembuatan Dokumen Angkut
  4. Bulid – up / Break Down dan pallet /container
  5. Penarikan dari gudang ke pesawat dan sebaliknya
  6. Loading ke psawat dan unloading dari pesawat
  7. Penyimpanan (Storage)
  8. Yang terakhir adalah pengiriman

Cargo handling dapat berjalan dengan baik apabila sistem dan prosedurnya dan sarana prasarana yang dimiliki gudang dan pergudangan dimasing – masing mencukupi dan pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan benar sesuai dengan prosedur yang ada.

  1. Sistem

Untuk bukti timbangan / barang BTB digunakan program yang di install dalam computer. Manifest cargo dibuat dengan mengisi form yang telah tersedia.

  1. Prosedur

Setiap perusahaan memiliki Standard Operation Procedure (SOP) yang berupa tindakan yang harus dilaksanakan oleh petugas gudang agar pekerjaan operasionalnya berjalan dengan lancar. Mulai dari peraturan mengenai syarat dan tata cara menerima, menyusun barang kiriman ke pallet, dan container. Peraturan lainnya dalam dunia cargo yaitu terdapat dalam cargo information notice sebelum di bakukan dalam manual. Pencatatan kegiatan sehari – hari antara shift terutama bila terjadi irregularities dilakukan dengan mengisi log book.

  1. Sarana dan Prasarana Gudang

Sarana dan prasarana gudang yang ada digudang antara lain Timbangan, Computer, Printer, Ruang Kantor, telepon, mesin, fasilitas yang bergerak maupun tidak bergerak, Pihak – pihak yang terkait dalam pengiriman cargo.

Ada tiga pihak utama yang terkait dengan pengiriman cargo atau jasa ekspedisi, antara lain :

  1. Pihak Pengirim (Shipper)

Shipper bisa berupa perorangan, badan usaha dilakukan secara langsung tanpa perantara, atau melalui jasa ekspedisi muatan kapal laut atau jasa ekspedisi muatan kapal udara.

  1. Pihak Pengangkut ( carrier)

Carier bisa berupa cargo sales airline cargo sales agen, airline / air charter yang juga berfungsi sebagai pengangkat cargo.

  1. Pihak Penerima ( consignee)

Consignee bisa berupa perorangan, badan usaha maupun dalam bentuk cargo agent atau ekspedisi agent. Seperti itulah beberapa penanganan proses kargo barang mulai dari cargo handling dan pihak – pihak yang terlibat didalamnya.

artikel diatas sudah menjelasankan defini pengertian cargo barang semoga membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked

11 − five =