Kementerian Perindustrian Cetak SDM Logistik dengan Penambahan Prodi di Politeknik

Kementerian Perindustrian Cetak SDM Logistik dengan Penambahan Prodi di Politeknik

Saat ini dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju dan berkembang membuat kita semakin siap menjalani era globalisasi saat ini, salah satu perkembangan zaman tersebut bisnis logistik di Indonesia. Saat ini Kementerian Perindustrian siap mencetak sumber daya manusia (SDM) yang baik dalam menopang sektor logistik sehingga nanti ada peningkatan daya saing industri nasional. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan penambahan program studi baru Diploma 1 (D1) Distribusi dan Transportasi di Politeknik Akademi Teknik Industri (ATI) Padang, Sumatera Barat. “Sektor logistik saat ini semakin berkembang pesat seiring dengan bertambahnya industri di dalam negeri, yang tentunya membutuhkan pendistribusian barang secara efektif dan efisien,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko S.A Cahyanto di Jakarta.

Menurut Eko, pemerintah telah mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur logistik di wilayah-wilayah strategis termasuk di sentra atau kawasan industri. “Sebab, penyediaan infrastruktur logistik yang memadai akan memacu pula peningkatan investasi di sektor industri, Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan kualitas SDM. Kita ingin SDM unggul untuk mencapai visi Indonesia maju.. Oleh sebab itu, Kemenperin terus gencar melaksanakan berbagai program pendidikan dan pelatihan. Guna untuk mendorong hadirnya prodi D1 untuk memenuhi permintaan industri terhadap tenaga kerja yang dapat cepat diserap dan siap kerja dengan kompetensi sesuai kebutuhan saat ini.

Kemenperin aktif mendorong pembukaan prodi D1 sejak tiga tahun terakhir di sejumlah unit pendidikan vokasi yang dimilikinya. Untuk prodi D1 distribusi dan transportasi, selain di Politeknik ATI Padang, juga sudah ada di Politeknik APP Jakarta. Peluncuran prodi D1 distribusi dan transportasi di Politeknik ATI Padang pada pekan lalu, diresmikan oleh Kepala BPSDMI Eko S.A Cahyato. Dalam rangkaian tersebut, dilaksanakan pula penandatangan perjanjian kerja sama antara Politeknik ATI Padang dengan kalangan industri, perguruan tinggi dan lembaga.