Tidak sedikit pelanggan Ninja Xpress masih kebimbangan membaca informasi yang tampak saat melacak paket. Untuk itu, artikel kali ini akan menyajikan informasi lengkap mengenai arti kode serta istilah pengiriman Ninja Xpress yang harus kamu tau!.

Cek Resi Ninja Xpress

Kode serta istilah status pengiriman Ninja Xpress akan ditampilkan ketika kalian cek resi di situs web Ninja Xpress. Buat yang belum ketahui gimana cara ceknya, dapat amati tutorial singkat berikut ini.

Sebelum itu, pastikan kalian telah memiliki no resi sebagai salah satunya ketentuan untuk melacak paket. Bila telah, perhatikan gambar berikut serta simak tutorialnya

  • Kunjungi halaman ninjaxpress.co/id-id/tracking.
  • Masukkan no resi Ninja Xpress di kolom“ Masukkan tracking ID paket”.
  • Klik kolom Lacak Paket di sebelah kanan.

Dalam sebagian saat, situs web akan menunjukkan detail kode Ninja Xpress. Kode tersebut adalah informasi yang menampilkan status terkini serta riwayat pengiriman paket.

Contoh Resi Ninja Xpress

Setelah mengikuti langkah tracking barang seperti di atas, kalian akan mengalami tampilan seperti di bawah ini

Contoh Resi Ninja Xpress

Dapat dilihat ada beberapa kode yang mengisyaratkan status pengiriman paket. Nah, lalu apa sih kode Ninja Xpress ini?

Kode Ninja Xpress adalah istilah khusus untuk status pengiriman Ninja Xpress yang tampak ketika cek resi Ninja Xpress. Dari informasi kode istilah tersebut kalian dapat mengetahui posisi paket lengkap dengan riwayat pengirimannya.

Arti Kode & Istilah Pengiriman Ninja Xpress Yang Harus Kalian Ketahui

Secara umum, kalian akan menjumpai 3 aspek utama yang tampak saat no resi dilacak:

1. Informasi Paket

Berisi informasi pemesanan paket Ninja Xpress yang mendeskripsikan:

  • nama pengirim,
  • tipe pengiriman,
  • tata cara pembayaran, dan
  • catatan khusus yang diperuntukan ke kurir.

2. Riwayat Pelacakan

Adalah informasi yang menunjukkan proses serta tahapan pengiriman paket yang diawali dari proses membuat pesanan hingga paket sampai ke alamat tujuan.

Nah, pada bagian inilah kalian akan menemukan bermacam kode serta istilah pengiriman Ninja xpress yang mungkin cukup membingungkan. Perihal ini diakibatkan istilah-istilah tersebut tidak dijabarkan secara lebih detail.

3. Bukti Pengiriman

Bagian ini akan timbul apabila paket telah sampai ke alamat penerima sebagai bukti kalau pengiriman paket telah berakhir.

Bukti pengiriman akan timbul beserta informasi nama penerima serta tanda tangan penerima.

Seperti itu sebabnya, penting untuk memberikan tanda tangan ketika kalian menerima paket dari kurir sebab sebagai bukti kalau paket telah sampai

Baca Juga :  Cargo Laut Termurah

Kode & Istilah Ninja Xpress Beserta Artinya

Biasanya, istilah kode yang timbul pada saat cek resi Ninja Xpress cukup jelas serta gampang dimengerti. Hanya saja, kata serta kalimat yang dipakai terlampau singkat serta kurang detail sehingga rentan membuat sebagian customer bimbang.

Bahkan, sebagian istilah yang dipakai ekspedisi Ninja Xpress pula ada yang memakai Bahasa Inggris yang kurang begitu sering di dengar untuk warga awam. Misalnya saja, Ninja Van, Ninja Point, dll.

Nah untuk itu, ayo tahu lebih jelas arti bermacam istilah yang sering dipakai pada pengiriman Ninja Xpress di tabel berikut ini.

Istilah PengirimanArtinya
PickupKurir mengambil paket ke alamat pengirim
SortingProses pengelompokan paket berdasarkan jenis barang & alamat kota yang sama
Pending PickupPaket tertunda karena masih ada di lokasi pengirim dan sedang menunggu penjemputan oleh kurir
Arrived at sorting HUBPaket baru sampai di gudang dan masih dalam pemrosesan (sortir)
En-route to sorting HUBPaket sudah diambil dari pihak pengirim dan sedang dibawa oleh kurir
On Vehicle for DeliveryPaket sedang dibawa kurir untuk dikirim ke alamat penerima
CompletedPengiriman paket sukses / sudah sampai pada pihak penerima dengan baik
Pending ReschedulePengiriman paket tertunda karena sebab tertentu dan sedang dibawa kurir sembari menunggu jadwal untuk diantar ulang
Completed RTSPaket sudah dikirim ke alamat pengirim
CancelledPembatalan pengiriman oleh Ninja Xpress karena alasan tertentu (biasanya karena sudah dikirim beberapa kali tapi tidak kunjung sampai ke pihak penerima)
Transferred to 3PLPaket dikirimkan ke jasa pengiriman lain yang bekerja sama dengan Ninja Xpress
Dalam Proses – Transit Lokasi/ Lokasi: Arrived at Sorting HUBPaket sampai gudang dan sedang disortir sebelum dikirim ke lokasi penerima
Dalam Proses – Kota PengirimPaket masih berada di kota atau lokasi pihak pengirim atau agen atau sedang dalam perjalanan ke gudang Ninja Xpress.
On Vehicle for DeliveryPaket keluar gudang sudah selesai disortir dan sedang dalam proses pengiriman ke alamat penerima
ReceiverNama penerima paket
Successful DeliveryPengiriman sukses, paket telah diterima
HUBGudang
ParcelPaket
Fasilitas SortasiProses penyortiran paket di gudang Ninja Xpress
Gudang Ninja VanIstilah lain gudang penyimpanan paket kiriman Ninja Xpress
Ninja PointKantor kemitraan / kurir Ninja Xpress
Baca Juga :  Jasa Kargo Termurah Wanasari Tujuan Seluruh Indonesia

Daftar Arti Istilah Pengiriman Ninja Xpress

Selain sebagian kode serta istilah di atas, kalian pula akan menemukan informasi runtut ketika melacak paket. Supaya bisa membaca informasi riwayat pelacakan dengan gampang serta benar, ikuti tabel di bawah ini.

IstilahArtinya
Pesanan dibuatPesanan sudah terdaftar di sistem data Ninja Xpress
Parcel diturunkan di Parcel Dropoff Counter/Box MitraPaket telah berada di kantor Ninja Point atau Mitra Ninja yang tersebar di kota & kabupaten seluruh Indonesia
Berhasil dijemput dari pengirimPaket sudah diambil kurir dari pihak pengirim dan sedang dibawa ke kantor Ninja Point
Parcel sedang diproses di gudang Ninja VanPaket sudah masuk gudang dan sedang dalam penyortiran sesuai alamat dan jenis barang
Berangkat dari gudang Ninja Van – Sedang transitPaket sedang dikirim dari gudang Ninja Xpress terdekat dengan alamat asal pengiriman ke gudang selanjutnya
Parcel sedang dikirimPaket sudah disortir di gudang Ninja Xpress dan sedang diantar kurir menuju alamat penerima
Berhasil dikirimPengiriman selesai, paket sudah sampai ke alamat penerima
Pengiriman tidak berhasilPaket yang dikirimkan mengalami masalah sehingga belum berhasil diantar ke alamat tujuan. Segera hubungi CS jika menemukan istilah seperti ini.
Pengiriman paket telah dijadwal ulangMasalah pengiriman paket teratasi dan sudah dijadwalkan untuk dikirim ulang
Pengiriman paket telah dibatalkanPaket mengalami kendala yang tidak bisa teratasi / tidak bisa dikirim ke alamat penerima sehingga proses pengiriman dibatalkan

Istilah di atas telah kami urutkan berdasarkan kronologi pengiriman paket dari dini dikirim hingga sampai ke alamat penerima. Mudah-mudahan bisa dimengerti dengan gampang.

Ohya, perlu diingat untuk membaca istilah dalam Riwayat Pengiriman itu urut dari bawah ke atas ya, bukan kebalikannya. Jadi, informasi yang berada di paling atas adalah status pengiriman terkini saat kalian melakukan pelacakan

Informasi Seputar Kode Pengiriman Ninja Xpress

Kalian masih memiliki banyak persoalan terpaut kode serta istilah di Ninja Xpress? Ikuti daftar FAQ berikut, siapa ketahui ada persoalan yang mewakili masalahmu.

Gimana Jika Pengiriman ninja express gagal?

Nah, gimana sih jika hadapi pengiriman gagal Ninja Express? Dapat dilihat di tabel, pengiriman yang telah dibatalkan umumnya tidak dapat diperbaiki.

Baca Juga :  Jasa Cargo Termurah Tambora Tujuan Seluruh Indonesia

Jadi, ketika kalian mengalami notifikasi“ pengiriman tidak sukses” saat melacak paket, segera hubungi call center di (021) 2926 4120. Ataupun dapat pula dengan mengirimkan email ke alamat support_id@ninjavan.co.

Harapannya pihak CS segera mencarikan solusi terbaik ataupun menjadwalkan ulang pengiriman paketmu.

Jangan lupa untuk mempersiapkan no resi bila sewaktu-waktu ditanyakan oleh pihak CS Ninja Xpress. Umumnya kalian hanya akan dimohon no resi untuk memproses keluhan ataupun permasalahan.

Apa Arti Berangkat dari Gudang Ninja Xpress-Transit?

Istilah ini mengisyaratkan kalau paket lagi dikirim dari Gudang Ninja Xpress terdekat dari lokasi pengirim yang ke Gudang Ninja Xpress berikutnya menuju ke alamat penerima.

Biasanya, paket akan mampir terlebih dulu ke gudang di sebagian kota. Proses ini umumnya memakan waktu dekat 1-2 hari.

Apa Arti On Hold Ninja Express?

Istilah ini sama dengan Pending Reschedule yang artinya paket telah diantar sebanyak 2x tetapi belum pula sampai ke alamat penerima. Ataupun dengan kata lain tidak ada orang yang menerima paket sehingga paket untuk sedangkan tertahan di kurir.

SH Cakung Ninja Express Artinya Apa?

Istilah ini menampilkan kalau paket telah berada di gudang Ninja Van di kawasan SH Cakung (salah satu daerah di Jakarta). Untuk pengiriman di daerah berbeda, nama gudang tentu pula akan berbeda.

Sedang Transit Artinya?

Paket sedang transit ataupun mampir di gudang Ninja Xpress tertentu untuk disortir menuju alamat penerima.

Berapa Lama Paket Disorting HUB?

Penyortiran paket di gudang Ninja Xpress umumnya tidak memakan waktu lama, ialah dekat 1 sampai 2 hari. Tetapi, lamanya waktu penyortiran pula berbeda-beda bergantung suasana serta kondisi.

Pengiriman Ninja Xpress Berapa Lama?

Layanan pengiriman Ninja Xpress memiliki estimasi pengiriman mulai dari 1 hingga 5 hari kerja. Tetapi, lamanya pengiriman dapat lebih cepat ataupun lelet bergantung jarak serta layanan yang digunakan.

Apa Arti Pesanan Sudah Dikirim oleh Jasa Pengiriman Ninja Van?

Artinya, pesanan ataupun paket kalian telah sampai di gudang Ninja Xpress di wilayahmu, telah berakhir disortir serta telah dalam proses pengantaran ke alamat kalian.

Apakah Ninja Express Sama dengan Ninja Van ID?

Sama. Ninja Van adalah istilah lain kurir pengiriman di Ninja Xpress