(021) 848 4448 info@cargomurah.id

Daftar Startup Logistik Di Indonesia – Untuk para pelakon e-commerce di tanah air, ada 2 halangan besar yang mereka hadapi untuk bertumbuh di negeri kepulauan seperti Indonesia, ialah permasalahan pembayaran serta logistik.

Seperti itu kenapa ada banyak perusahaan logistik besar di tanah air seperti TIKI, JNE, Wahana, Indah Cargo, hingga RPX, yang berupaya menanggulangi permasalahan tersebut.

Banyak di antara perusahaan logistik tersebut, termasuk Cargo Murah, J&T Express, SiCepat, 21Express, JetExpress, hingga LionParcel, yang saat ini bahkan sudah memperkenalkan layanan online serta aplikasi mobile supaya dapat lebih memanjakan konsumen.

Tetapi selain mereka, nyatanya ada banyak startup tanah air yang pula mau menanggulangi permasalahan di aspek logistik. Sebagian di antara lain berupaya memesatkan waktu pengiriman dalam kota, sebaliknya sebagian yang lain berupaya membuat pengiriman barang dalam jumlah besar ke luar kota supaya menjadi lebih efisien. Berikut ini merupakan nama – nama mereka.

Daftar Startup Logistik Di Indonesia

Startup Logistik Di Indonesia

GO-SEND serta GO-BOX

Semenjak dini Go-JEK seperti sadar jika armada dalam jumlah banyak yang mereka miliki memiliki kemampuan untuk menanggulangi permasalahan logistik di tanah air, spesialnya untuk pengiriman barang di dalam kota.

Seperti itu kenapa mereka memperkenalkan layanan kurir sepeda motor GO-SEND, alhasil konsumen dapat memohon pengemudi Go-JEK untuk mengirimkan barang ataupun dokumen ke lokasi tertentu.

Layanan ini bahkan sudah dipakai oleh beberapa e-commerce seperti Tokopedia, elevenia, serta Bukalapak untuk memesatkan pengiriman barang.

Bila pedagang serta konsumen berada di kota yang sama serta barang yang dikirim masih mungkin dibawa dengan sepeda motor, barang tersebut juga dapat sampai dalam waktu kurang dari satu hari dengan dorongan layanan Go-JEK tersebut.

Selain itu, Go-JEK juga ikut memperkenalkan layanan pengiriman untuk barang yang tidak dapat diantarkan dengan sepeda motor, ialah GO-BOX. Dengan layanan ini, kalian dapat memesan sebagian tipe mobil, mulai dari mobil pickup, mobil box, truk engkel, hingga truk engkel box.

GrabExpress

Seperti tak ingin kalah dengan rivalnya, layanan transportasi online Grab juga ikut memperkenalkan layanan kurir GrabExpress semenjak bulan November 2015. Seragam dengan yang dilakukan Go-JEK, mereka juga menggunakan armada pengemudi sepeda motor yang mereka miliki untuk membawakan barang kepunyaan para konsumen ke lokasi tujuan.

UberDELIVER

Seperti kedua rivalnya, ialah Go-JEK serta Grab, Memburu juga ikut membuat suatu layanan pengantaran barang dengan sepeda motor yang bernama UberDELIVER. Untuk sedangkan, layanan ini terkini dapat dinikmati oleh para konsumen di kota Surabaya.

Deliveree

Timbul pertama kali di Thailand, layanan marketplace logistik Deliveree kesimpulannya hadir di tanah air dekat bulan September 2015 yang kemudian. Melalui aplikasi mobile yang mereka untuk, kalian dapat memesan kendaraan untuk membawakan barang yang kalian miliki ke lokasi tertentu.

Saat ini, Deliveree sudah memiliki sebagian tipe armada, mulai dari sepeda motor, city car, van, pickup, mobil box kecil, hingga engkel box. Ke depannya, mereka pula akan memperkenalkan armada truk CDD serta wingbox yang memiliki kapasitas lebih besar.

Etobee

Timbul di Indonesia dalam waktu yang nyaris berbarengan dengan Deliveree serta GrabExpress, Etobee pula membolehkan kalian untuk mengirim barang ke lokasi tertentu dengan armada yang mereka miliki. Saat ini, mereka fokus untuk melayani para owner UKM serta perusahaan yang mau mengirim barang secara teratur, dengan cara memperkenalkan informasi pengiriman mingguan hingga bulanan.

Etobee juga sudah memperkenalkan suatu layanan terkini yang bernama Trucktobee. Sesuai namanya, layanan ini bermanfaat untuk para perusahaan yang mau mengirimkan barang dalam jumlah banyak memakai truk.

NinjaXpress

Dekat bulan September 2016 yang kemudian, startup logistik Singapore NinjaVan sah hadir di Indonesia dengan nama NinjaXpress. Dengan layanan mereka, kalian dapat mengirim barang ke semua Pulau Jawa, serta bermacam kota besar lain di tanah air.

Untuk memesan jasa mereka, kalian dapat memakai aplikasi mobile, situs web, hingga melalui telepon ataupun aplikasi WhatsApp.

Porter

Porter sesungguhnya sudah hadir di tahun 2015 sebagai layanan pengantaran makanan online, seperti GO – FOOD serta GrabFood. Tetapi mereka setelah itu mengganti bentuk bisnis, serta saat ini fokus untuk menyediakan solusi logistik untuk para owner UKM serta perusahaan yang perlu melakukan pengiriman barang secara teratur. Kalian bahkan dapat menggunakan jasa mereka untuk mengirim ajakan perkawinan ke bermacam alamat.

Mereka menyediakan 2 tipe layanan, ialah Express Delivery untuk pengantaran kurang dari 3 jam, dan Standard Delivery untuk waktu pengantaran dekat satu hingga 3 hari.

Anterin

Anterin merupakan aplikasi transportasi online seperti Grab serta Go-JEK yang membolehkan kalian untuk memesan kendaraan. Seragam dengan rivalnya tersebut, Anterin pula sudah memperkenalkan layanan pengantaran barang bernama Anterin Express. Selain itu, mereka pula dapat melayani pengiriman barang dalam jumlah besar dengan layanan Anterin Truk.

Berbeda dengan layanan transportasi online lain, Anterin tidak memutuskan tarif untuk tiap layanan. Mereka malah mengatur harga yang wajib dibayarkan konsumen dengan sistem lelang, alhasil konsumen dapat memilih sendiri pengemudi yang lebih sesuai.

Kargo

Kargo ialah marketplace jasa logistik yang sudah bekerja semenjak bulan November 2015. Mereka fokus melayani pengiriman barang dalam ukuran besar, mulai dari 30 kg hingga 30 ton, yang hanya dapat diantarkan dengan truk.

Mereka bahkan dapat melayani pengantaran sepeda motor ataupun mobil ke kota lain. Untuk memperkenalkan bermacam layanan tersebut, Kargo berterus terang sudah bekerjasama dengan lebih dari 4 dupa jasa logistik.

Tak hanya dapat membantu owner bisnis ataupun individu untuk membawakan barang ke kota lain, Kargo pula membolehkan kalian untuk carter bermacam tipe truk serta container.

CariTruk

CariTruk merupakan layanan yang membolehkan kalian carter truk untuk mengantar barang ke bermacam kota. Mereka berterus terang sudah memiliki lebih dari seribu truk, mulai dari pick up box, tronton, hingga wingbox. Tiap barang yang kalian kirimkan melalui CariTruk juga dapat dilacak secara online melalui situs mereka.

ON-TRUCKS

ON-TRUCKS merupakan layanan yang membolehkan kalian untuk carter armada truk untuk carter barang, mulai dari pick up box hingga truk trailer. Selain itu, melalui situs serta aplikasi mobile mereka, kalian pula dapat carter armada belok kendaraan, dan bis pariwisata secara online.

Expedito

Expedito merupakan layanan logistik yang dapat membantu kalian mengirim barang ke luar negeri dengan gampang, serta dengan harga yang lebih murah. Saat ini mereka sudah bekerjasama dengan sebagian jasa kurir seperti DHL, TNT, Aramex, hingga Pos Indonesia.

Mereka juga menyediakan sebagian layanan tambahan, seperti jemput barang (pick up) di Jakarta, dan pengiriman makanan serta kosmetik ke Malaysia, Taiwan, Singapore, serta Hong Kong.

Andalin

Andalin adalah layanan yang dapat membantu para owner Usaha Menengah untuk mengimpor serta mengekspor barang ke luar negeri. Kalian hanya perlu mengirimkan seluruh persyaratan dan biaya yang diperlukan melalui platform yang mereka sajikan, serta mereka akan memastikan proses pengiriman barang rute negeri tersebut berjalan dengan baik.

Paket.id

Paket.id ialah suatu marketplace jasa logistik yang meluncur semenjak dini tahun 2016. Lewat situs serta aplikasi mobile yang mereka sediakan, kalian dapat memasukkan alamat tujuan serta penjelasan barang yang akan kalian kirim. Setelah itu, kalian akan memperoleh suatu isyarat yang wajib ditulis pada kemasan barang tersebut.

Kurir dari jasa logistik yang bekerjasama dengan Paket. id nantinya akan menjemput barang tersebut, serta mengerjakan pengirimannya. Istimewanya, kemudahan tersebut dapat kalian rasakan tanpa perlu membayar biaya tambahan.

Shipper

Shipper adalah platform agregator yang dapat mengaitkan kalian dengan para perusahaan logistik di tanah air. Dengan sistem yang mereka sajikan, kalian dapat menyamakan harga dari tiap perusahaan logistik, dan memohon kurir Shipper untuk menjemput barang kalian ke rumah. Saat ini, mereka sudah bekerjasama dengan dekat 4 simpati perusahaan logistik.

EasyParcel

EasyParcel merupakan startupyang membolehkan para orang dagang online untuk mengirim paket dengan lebih gampang. Pengiriman tersebut nantinya akan dilakukan melalui jasa logistik yang menjadi rekanan EasyParcel, mulai dari ESL, SAP, hingga GrabExpress.

Sebelum hadir di tanah air, mereka sudah lebih dulu meluncurkan layanan di Malaysia, Singapore, serta Thailand.

Pickpack

Pickpack merupakan agen logistik online yang membolehkan proses pengiriman barang dengan lebih gampang. Melalui situs serta aplikasi mobile yang mereka sajikan, kalian dapat menyamakan harga tiap fasilitator jasa logistik, serta langsung memesan layanan yang kalian mau.

Regu Pickpack setelah itu akan menjemput, melakukan pengepakan, dan mengirimkan barang tersebut ke agen jasa logistik yang kalian seleksi. Saat ini, mereka memilih untuk fokus di ranah Business to Business (B2B).

Westbikemessenger

Westbikemessenger adalah komunitas sepeda yang pula memperkenalkan layanan pengantaran dokumen serta barang. Saat ini, mereka menyediakan 3 tipe layanan, ialah VVIP yang menjamin barang sampai dalam waktu 2 jam, VIP yang menjamin barang sampai di hari yang sama, dan layanan Corporate yang dapat mengantar barang dengan biaya lebih murah untuk perusahaan yang biasa melakukan pengiriman dengan jumlah tertentu tiap harinya.

ParselDay

ParselDay merupakan jasa kurir memakai sepeda motor yang dapat membawakan barang ke lokasi tujuan di hari yang sama. Saat ini, layanan mereka sudah dapat dipakai di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, hingga Solo.

Sebelum berganti nama menjadi ParselDay, startup ini memakai nama HandyMantis.

MisterKirim

MisterKirim merupakan suatu aplikasi yang membolehkan kalian untuk mengirim barang ke lokasi lain yang berada di kota yang sama. Seperti GO-SEND, GrabExpress, serta UberDELIVER, mereka pula menuntun para juru ojek serta individu yang memiliki sepeda motor untuk menjadi kurir mereka. Saat ini, mereka terkini ada di Jakarta serta sekelilingnya.

PopBox

PopBox merupakan startup yang membolehkan kalian untuk menerima barang melalui loker yang mereka sajikan di bermacam lokasi. Untuk mengambil barang di dalam loker tersebut, kalian hanya perlu mengakses aplikasi mobile yang mereka sajikan.

Loker tersebut juga dapat kalian maanfaatkan untuk mengembalikan barang yang kalian beli di suatu toko online, serta setelah itu kalian merasa tidak sesuai dengan barang tersebut. Saat ini, PopBox sudah menyediakan lebih dari 223 loker yang ada di dekat 5 simpati kota.

aCommerce

aCommerce pada dasarnya ialah layanan pendukung (enabler) dari bisnise-commerce. Oleh sebab itu, mereka dapat memberikan layanan digital marketing, pergudangan, termasuk logistik. Startup yang berawal dari Thailand tersebut saat ini sudah mempunyai lebih dari 1. 200 pegawai serta bekerjasama dengan lebih dari 150 perusahaan.

iCommerce

Selain memiliki nama yang mirip, iCommerce pula memiliki layanan yang nampak seragam dengan aCommerce. Mereka memperkenalkan jasa konsultasi, pembuatan serta perawatan situs, dan layanan logistik. Tetapi berbeda dengan rivalnya tersebut, iCommerce berterus terang lebih fokus pada layanan e-commerce B2C antar negeri.

Startup ini dibuat oleh mantan Regional Director Zalora yang berawal dari Indonesia, Ali Ridha Madihid.

8Commerce

Seragam dengan aCommerce serta iCommerce, 8Commerce pula ialah enabler untuk bisnis e-commerce di tanah air. Mereka memperkenalkan sebagian layanan, seperti pengembangan situs toko online, pergudangan, termasuk logistik.

Saat ini, 8Commerce berterus terang sudah memiliki gudang di 7 lokasi dengan keseluruhan luas yang menggapai lebih dari 92 ribu m persegi.

Iruna

Iruna merupakan startup logistik yang dapat memperkenalkan sebagian layanan, mulai dari pergudangan, pengiriman barang ke pelanggan (last mile), dan integrasi dengan marketplace serta toko online. Mereka pula dapat menanggulangi produk yang dititipkan oleh konsumen layanan mereka mulai dari penyimpanan, pengepakan, hingga pengiriman barang. Bahkan, Iruna juga melayani opname produk untukmarketplaceatau tokoonline.

Startup ini dibuat oleh Yan Hendry Jauwena, mantan CEO dari PT. Pos Logistik Indonesia.

MrSpeedy

MrSpeedy merupakan layanan logistik dalam kota yang menjanjikan barang sampai di tempat tujuan dalam waktu kurang dari 1, 5 jam. Layanan yang memakai armada mobil serta motor ini terkini ada di area Jabodetabek.

Cargo Murah

Perusahaan Cargo Murah dari PT DIRA PRATAMA EXPRESSINDO merupakan salah layanan logistik terbaik di Indonesia yang dapat membantu kalian mengirim barang dalam negeri ataupun luar negeri dengan gampang, serta dengan harga yang lebih murah dari penyedia lainnya.

Startup Logistik dari ecommerce

Selain nama – nama di atas, ada pula sebagian layanan logistik yang khusus terbuat oleh para e-commerce untuk membawakan barang yang dijual di platform mereka, seperti Blibli yang membuat Blibli Express Service, dan Lazada dengan Lazada Express.

MatahariMall juga memiliki jasa pengiriman Red Carpet Logistics, sebelum setelah itu membuka layanan tersebut pada pihak lain yang terpikat untuk memakainya. Perihal yang sama juga dilakukan JD.ID yang sudah membuka kemitraan dengan pihak lain untuk layanan logistik mereka J-Express (JX).

Dalam sebagian tahun terakhir, ada pula startup yang menggunakan para turis untuk bawa barang dari suatu negeri ke negeri lain. Melalui platform yang mereka untuk, para startup tersebut akan menyandingkan konsumen yang mau membeli barang di negeri tertentu dengan turis yang akan berjalan ke situ. Sebagian ilustrasi startup yang memperkenalkan layanan seperti itu merupakan Airfrov serta Bistip.