Gimana sih cara mengajukan pengembalian barang Shopee? Apakah dapat retrun saja bukan refund? Untuk mengetahui jawabannya silahkan ikuti penjelasannya di bawah ini.

Saat belanja di Shopee kadangkala kala barang yang diterima pembeli dalam kondisi rusak. Perihal ini sangatlah normal sebab dalam proses pengiriman oleh kurir bercampur dengan pesanan yang lain serta pula diakibatkan jauhnya jarak pengantaran.

Untuk itu, pembeli berharap bisa mengembalikan barang pesanannya tersebut serta dana yang dikeluarkan juga dapat kembali.

Begitupula orang yang jualan di Shopee tidak menginginkan terbentuknya permasalahan transaksi barang dagangan mereka yang membuat pembeli mengembalikan pesanan yang sudah di order. Baiklah, langsung saja ikuti penjelasannya di bawah ini yang akan dibahas secara lengkap

Kebijakan Pengembalian Barang Di Shopee

Sebelum masuk ke cara mengajukan pengembalian barang Shopee hendaknya Kamu mengetahui peraturannya terlebih dulu.

Terpaut perihal apa saja yang membuat barang pesanan di Shopee dapat dikembalikan. Berikut ini ketentuan serta syarat dalam kebijakan pengembalian barang di Shopee:

  • Pembeli dapat mengajukan pengembalian barang pesanan bila belum diterima.
  • Setibanya barang diterima pembeli nyatanya terdapatnya kerusakan ataupun cacat.
  • Nyatanya barang pesanan tidak sesuai dengan penjelasan deskripsi produk yang ada dalam etalase toko penjual di Shopee.
  • Saat barang diterima pembeli nyatanya tidak sesuai dengan pesanan dapat jadi penjual salah kirim, misalnya spesifikasi yang berbeda seperti: ukuran, warna, tipe, merk, serta lain sebagainya.
  • Pengajuan pengembalian barang di Shopee wajib mendapatkan persetujuan penjual.
  • Penjual dapat saja menolak pengajuan pengembalian barang oleh pembeli bila sebabnya tidak kuat misalnya seperti“ Berganti pikiran”.
  • Pembeli wajib mempunyai barang bukti berbentuk gambar kondisi barang saat diterima.
  • Penjual serta pembeli sudah setuju bila terjadi suatu terhadap pesanan bisa mengajukan pengembalian( return) barang tersebut.
  • Pengembalian barang belum melewati masa garansi Shopee, dan Pembeli belum menyelesaikan transaksi pesanan ialah memencet tombol“ Pesanan Diterima”.
  • Dana akan dikembalikan ke pembeli bila barang yang dikembalikan sudah diterima penjual.
  • Dana tersebut akan dikembalikan berbentuk saldo akun ShopeePay ataupun kartu kredit pembeli. Sesuai dengan tata cara pembayaran yang dilakukan pembeli pada saat melakukan pembelian.
Baca Juga :  Cara Cek Ongkir Jasa Pengiriman Termudah Serta Tercepat

Nah seperti itu sebagian syarat pengembalian yang wajib Kamu tahu bila mau mengajukan pengembalian barang di Shopee.

Pada kali ini, Kita akan bahas 2 cara mengajukan pengembalian barang ialah di Shopee Non- Mall serta Shopee Mall, untuk melakukannya silahkan simak langkah- langkahnya di bawah ini

Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

Non-Shopee Mall

Sebelum melakukan langkah- langkah di bawah ini, dilansir dari halaman Shopee mengatakan kalau Kamu hendaknya menghubungi penjual untuk mengambil konvensi bersama.

Bila penjual serta pembeli bersedia atas pengembalian barang, baru silahkan simak langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee di Smartphone Kamu.
  • Tekan tombol“ Saya” yang ada di bawah bagian kanan
  • Berikutnya silahkan seleksi“ Pesanan Saya”.
  • Setelah itu seleksi menu Dikirim yang ada pada halaman Pesanan Saya
  • Kemudian masuk ke halaman Rincian Pesanan.
  • Pada halaman tersebut ada tombol“ Ajukan Pengembalian” yang ada di bagian paling bawah, silahkan di klik.
  • Langkah berikutnya Kamu memilih barang pesanan yang akan dikembalikan

Jangan lupa Seleksi Alasan yang sesuai, meliputi:

  1. Saya tidak menerima pesanan.
  2. Produk yang diterima tidak lengkap.
  3. Produk yang diterima cacat.
  4. Produk yang diterima tidak berperan dengan baik.
  5. Produk berbeda dengan deskripsi ataupun gambar.
  • Setelah itu masukan bukti pendukung dengan klik Tambah Gambar (upload gambar fisik produk saat diterima).
  • Perkuat alasan Kamu mau mengembalikan barang pesanan dengan menuliskannya di kolom Penjelasan.
  • Setelah itu masukan Alamat Email Kamu.
  • Bila sudah semua tekan tombol“ Kirimkan”.
  • Pengajuan pengembalian barang pesanan Kamu akan diproses.
Baca Juga :  Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pengiriman Barang

Catatan: Untuk pembelian produk dengan paket diskon, pengembalian mengharuskan semua barang sesuai dengan paket tersebut, artinya tidak boleh sebagian ataupun sebagian produk saja.

Nah, seperti itu cara mengajukan pengembalian barang di non- Shopee Mall, selanjutnya akan di informasikan cara mengajukan pengembalian barang di Shopee Mall. Silahkan ikuti penjelasanya di bawah ini

Shopee Mall

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Shopee di HP Kamu.
  • Langsung saja masuk ke akun dengan memencet menu“ Saya”.
  • Di bagian menu Pesanan Saya, silahkan tekan opsi“ Dikirim”.
  • Kemudian seleksi produk pesanan yang mau dikembalikan, bila sudah Kamu akan masuk ke halaman Rincian Pesanan.
  • Berikutnya di bagian paling bawah, silahkan tekan tombol“ Ajukan Pengembalian”.
  • Seleksi“ Alasan”, sesuaikan dengan kondisi produk yang sebenarnya
  • Setelah itu, silahkan masukkan bukti yang kuat di kolom“ Tambah Gambar”.
  • Setelah itu jelaskan mengapa Kamu mau mengembalikan barang tersebut di kolom“ Penjelasan”.
  • Silahkan seleksi“ Jasa Kirim”, sebagai saran hendaknya seleksi kurir yang ada di Opsi Pengiriman biar free ongkos kirim.
  • Bila sudah tekan tombol“ Konfirmasi”.
  • Masukkan Alamat Email Kamu yang masih aktif.
  • Bila sudah, silahkan tekan tombol“ Kirimkan”.
  • Pengajuan Kamu lagi diproses serta menunggu asumsi dari penjual.

Bila sudah disetujui oleh penjual berikutnya Kamu dapat mengirimkan barang yang mau dikembalikan tersebut. Ikuti petunjuk pengembaliannya di bawah ini:

Cara Mengirimkan Pengembalian Barang Di Shopee

Ada batas waktu dalam mengirimkan barang yang akan dikembalikan ialah pembeli wajib memasukan nomor resi pengembalian di aplikasi Shopee maksimal 5 hari setelah pengajuan diterima

Berikut ini cara mengirimkan barang Shopee yang dikembalikan:

  1. Langsung saja buka aplikasi, setelah itu masuk ke halaman“ Rincian Pengembalian”.
  2. Untuk melihat Petunjuk Pengiriman silahkan tekan tombol“ Amati Instruksi”
  3. Setelah itu, masuk ke halaman Upload Resi setelah itu seleksi Jasa Kirim, Isi Nomor Resi, serta Tambah Gambar.
  4. Bila sudah, Kamu dapat melihat detail pengiriman pengembalian tersebut di halaman Rincian Pengembalian.
Baca Juga :  Arti Status Pengiriman JNT Harus Diketahui

Catatan:

Buat pengembalian barang non Shopee Mall tidak perlu memakai label pengembalian. Pembeli tidak akan dikenakan tarif ongkir pengembalian barang bila memakai ekspedisi J&T Express. Masukkan semua informasi pengiriman barang tersebut ke dalam halaman pengiriman pengembalian di aplikasi Shopee. Gimana bila barang yang dikembalikan tersebut minta ganti barang baru saja, apakah bisa?

Bisakah Refund Ditukar Return Di Shopee?

Semua ini bergantung dari kebijakan dari penjualnya ya. Dapat saja barang yang dikembalikan tersebut untuk ditukar barang yang baru. Tetapi, perlu Kamu tahu perihal ini akan sangat merepotkan sebab penjual dapat saja rugi sebab wajib mengirimkan barang yang baru kembali ke penjual. Makanya, mayoritas dari seller di Shopee jarang lebih memilih refund dari pada return.

Untuk itu, perlunya menjalakan komunikasi kepada penjual terpaut perihal ini. Silahkan diskusikan bila ada permasalahan terhadap barang pesanan yang dibeli di Shopee tersebut. Baiklah, mungkin itu saja yang dapat di informasikan mengenai cara mengajukan pengembalian barang Shopee.

Gimana, triknya cukup gampang bukan?

Perlu diingat, pengembalian dengan alasan berganti pikiran ataupun mau ganti barang yang lain bukanlah dianjurkan. Semua pengembalian barang di Shopee ini membutuhkan persetujuan dari penjual.

Bila penjual tidak merespon pengajuan pengembalian barang dari pembeli dengan batas waktu yang ditentukan, maka pihak shopee akan meninjau kembali pengajuan tersebut dengan memperhitungkan sebagian perihal serta memutuskannya tanpa sepengetahuan penjual.