Untuk Kamu yang lagi mecari tau cara komplain ID Express untuk pengiriman yang bermasalah seperti salah alamat, lelet tiba, hilang ataupun bahkan rusak, silahkan baca panduannya pada postingan ini hingga berakhir.

ID Express saat ini banyak diketahui oleh masyarakat serta digunakan paling utama untuk kamu yang belanja di Shopee yang tata cara pengirimannya menggunakan sistem COD (bayar ditempat). untuk mengetahui info ongkir bisa cek dibawah ini

Gimana Cara Komplain Pengiriman Paket ID Express?

Selain cara komplain pengiriman paket ID Express terbaru, konten ini pula akan mangulas sebagian data yang tidak kalah menarik, meliputi:

  • Memahami sekilas ekspedisi jasa pengiriman ID Express
  • Apa saja layanan pengiriman yang ditawarkan ID Express?
  • Gimana cara mengetahui tarif ongkir serta cek resinya?
  • Permasalah apa saja yang menjadi pemicu pengguna ID Express melakukan komplain?.

Baiklah, daripada kamu penasaran ayo langsung saja masuk kepembahasannya

Cara Komplain Pengiriman Paket ID Express Terbaru

Sekilas Tentang ID Express

PT IDexpress Service Solution (ID Express) adalah salah satu perusahaan yang fokus bergerak dalam bidang jasa pengiriman paket pertama di Indonesia yang memakai sistem teknologi serta perangkat lunak berbasis robot.

Dengan demikian, selain barang kiriman aman pula dapat cepat sampai tujuan. Normal saja ID Express yang terbilang baru berdiri (tahun 2019) telah terpercaya di golongan warga luas Asia Tenggara

Ditambah lagi dengan menjalakan kerjasama bermacam marketplace serta e- commerce besar seperti Shopee membuat ekspedisi ini kian diketahui.

Ada pula layanan pengiriman yang ditawarkan ekspedisi ID Express, antara lain:

  • Regular: Ialah layanan pengiriman standar dengan waktu sampai diantara 2 hingga 7 hari kerja bergantung dengan jarak yang ditempuh.
  • Same Day: Ialah layanan pengiriman barang yang akan sampai tujuan di hari yang sama dengan jarak yang dapat ditempuh maksimal 8 jam.
  • IDlite: Ialah layanan paling murah untuk berat di bawah separuh kg hanya dihitung setengah harga.

Meski telah menjadi ekspedisi yang handal tidak dapat dipungkiri akan terdapatnya hambatan pengiriman paket yang akan terjadi. Perihal ini telah menjadi kasus hampir semua perusahaan penyedia jasa pengiriman termasuk JNE, J&T, SiCepat, AntarAja, serta lain sebagainya

Kendalanya juga beragam, untuk mengetahuinya silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini, Ya

Permasalahan Pengiriman ID Express

Banyak sekali yang menjadi aspek yang menyebabkan kurir yang membawakan paket permasalahan. Berikut ini sebagian hambatan yang kerap terjadi

  • Alamat Tidak Ditemukan

Permasalahan yang satu ini paling kerap terjadi, umumnya kesalahan ada pada penyusunan alamat yang kurang jelas ataupun parahnya lagi bila sampai salah.

Perihal ini yang membuat kurir pengiriman tidak dapat menemukan alamat tujuan yang ada pada surat pengiriman ataupun yang tertempel pada paket.

Sebagai pengirim, hendaknya pastikan alamat telah benar serta terlihat jelas (gampang dibaca) sebelum menyerahkan peket tersebut kepada petugas ekspedisi.

Untuk Kamu yang belum paham, tenang saja kami sudah buatkan panduan cara menulis alamat paket yang baik serta benar. Silahkan dibaca sebab postingan tersebut terbuat sesuai dengan standar ekspedisi.

  • Paket Terlambat Sampai
Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Penerima tentu tidak sabar menunggu kehadiran paketnya terlebih isinya barang belanjaan yang dibeli secara online. Memanglah sih, ada estimasi waktu sampai untuk tiap layanan pengiriman dari ekspedisi seperti regular (2- 3 hari).

Dengan jauhnya jarak yang wajib di tempuh belum lagi terdapatnya hambatan dalam perjalanan seperti macet, blokade, kerusakan pada armada, musibah alama, serta lain sebagainya.

Ataupun dapat pula salah alamat, misalnya tujuan paket ke kota Surabaya tetapi malah dikirim ke Medan. Nah, perihal semacam inilah menjadi aspek yang membuat pengiriman paket jadi terlambat sebab wajib dikirim balik sesuai tujuan.

  • Paket Rusak

Kerusakan paket pada saat diterima oleh penerimanya masih kerap saja terjadi, dalam perihal ini yang diartikan rusak dalam perjalanan ya, bukan dari pengirim ataupun penjual.

Perihal ini paling umum diakibatkan sebab proses pengirimannya ada banyak paket sekalian yang menyebabkan saling tumpang tindih ataupun dapat pula bergesekan satu sama lain.

Maka dari itu, biar bebas dari kerusakan hendaknya paket dikemas seaman mungkin disesuaikan dengan tipe barang yang akan dikirim terlebih rentan rusak ataupun patah.

Untuk itu, kami sudah buatkan tips packing barang yang baik serta benar biar paket bebas dari kerusakan ataupun aman sampai tujuan.

  • Paket Hilang

Paket yang hilang artinya keberadaannya tidak berada di agen manapun serta pula tidak dapat dilacak yang menyebabkan data pengirimannya susah diketahui.

Ataupun dapat jadi, paket diterima oleh penerima yang salah sehingga status pengiriman telah berakhir tetapi pihak penerima tidak merasa menerima barang kiriman tersebut.

Umumnya perihal ini kerap terjadi untuk paket yang dikirim melalui ekspedisi yang tidak jelas (abal- abal). Untuk itu, hendaknya memilih jasa pengiriman yang telah ternama, mempunyai kredibilitas yang tinggi, serta yang paling penting mempunyai fitur lacak kiriman ataupun cek resi.

Dengan terdapatnya fitur tersebut maka Kamu bisa memantau pertumbuhan pengiriman paket. Bila ada perihal yang mencurigakan dapat langsung tanyakan ke pihak ekspedisi terdekat sesuai dengan kurir yang digunakan

Seperti itu sebagian hambatan yang menimbulkan pengiriman mendapatkan komplain dari para pelanggan. Untuk itu penting sekali menggunkan ekspedisi yang handal serta memakai teknologi yang maju (modern) seperti ID Express.

Cara Komplain ID Express

Berikut ini adalah sebagian langkah yang dapat Kamu pakai untuk proses pengajuan komplain ID Express untuk hambatan kiriman yang lagi dialami:

  • Hubungi Call Center ID Express

Cara pertama Kamu dapat menghubungi call center ID Express di no (021) 80823899 akan ada customer service yang siap melayani semua keluhan pelanggan selama 24 jam.

Sebelum menghubungi layanan ini pastikan kalau Kamu mempunyai pulsa yang cukup, ya. Dan siapkan sebagian perihal yang nantinya akan ditanyakan, meliputi:

  1. Nama Pengirim serta Penerima
  2. No resi pengiriman
  3. Alamat yang tertera pada paket
  4. No Telepon

Kasus yang terjadi

Sampaikan keluhan Kamu pada saat sudah tersambung ke customer service ID Express secara jelas serta runut, mereka akan memproses serta mencarikan solusi atas komplain yang diajukan oleh tiap pelanggannya.

Baca Juga :  Tips Sukses Usaha memulai Usaha Kuliner

Kirim Pesan Melalui Live Chat

ID Express menyediakan fitur Live Chat yang dapat digunakan oleh para pelanggannya untuk menanyakan suatu ataupun bahkan mengantarkan kelihan sekalipun.

Cara ini paling banyak digunkan sebab selain free pula cepat ditanggapi. Berikut ini langkah- langkahnya:

  1. Kamu cukup mengakses halaman situs formal ID Express
    idexpress.com.
  2. Tekan Icon Pesan bercorak merah yang berada di bagian kanan bawah
  3. Berikutnya seleksi salah satu dari opsi live chat, sesuaikan dengan kebutuhan Anda
  4. Misalnya ada masalnya ada permasalahan terpaut pengiriman ID Express
  5. seleksi Pengecekan Status Pengiriman
  6. setelah itu tuliskan keluhannya diiringi nomor resi

Perlu diketahui, layanan live chat ini dapat digunakan serta ditanggapi oleh customer service ID Express tiap hari mulai jam 09. 00 hingga 17. 00

Kirim Pesan Ke Email Serta Media Sosial

Kamu pula dapat mengantarkan komplain melalui email serta media sosial. Triknya kurang lebih sama dengan live chat yang sudah dipaparkan di atas.

Alamat email ID Express yang dapat Kamu hubungi: customercare@idexpress.com

Sebaliknya untuk akun media sosialnya:

  • Facebook: idexpressindonesia
  • Instagram:@idexpress_indonesia
  • YouTube: idexpress_indonesia
  • LinkedIn: idexpressindonesia

Silahkan tuliskan pesan yang berisikan keluhan Kamu sebagai bentuk komplain atas pengiriman barang melalui email ataupun akun media sosial tersebut. Jangan lupa cantumkan ID pengiriman (nomor resi) dan fakta kasus dapat berbentuk gambar ataupun video (bila ada).

Perlu diketahui pula, untuk mengajukan komplai melalui media sosial ID Express tidak dapat ditanggapi secara cepat. Sebab pada dasarnya akun- akun ini digunakan sebagai media promosi tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba

Datangi Kantor ID Express Terdekat

Bila di tempat Kamu ada kantor ataupun agen ID Express yang tidak sangat jauh dapat melakukan komplain langsung dengan cara mendatanginya.

Nah, bila belum tau. Kamu dapat melakukan pencarian kantor ID Express melalui web resminya. Triknya sangat gampang, simak langkahnya:

  • Buka web idexpress.com di browser.
  • Setelah itu seleksi menu Services kemudian seleksi opsi Lokasi Terdekat.
  • Masukan lokasi Kamu saat ini pada kolom yang sudah disediakan, bila telah tekan tombol“ Cari”.

Ataupun dapat pula dengan cara bantuan Google Maps, tinggal ketikkan ID Express di kolom pencarian maka akan timbul lokasi ataupun alamat kontor terdekat dari tempat Kamu berada.

Semsampainya di kantor ID Express silahkan sampaikan keperluan Kamu terpaut komplain atas kiriman kepada petugas yang ada di tempat.

Petugas akan menjawab serta memproses permasalahan pengiriman tersebut, berikutnya akan deberikan solusi yang tepat.

Cara Komplain ID Express Untuk Barang Belanjaan Shopee

Nah, bila Kamu belanja di Shopee dimana memakai ID Express sebagai kurir pengirimannya yang nyatanya ada permasalahan misalnya barang rusak saat diterima maka sebagai pembeli tidak perlu komplain ke ekspedisinya langsung.

Cukup hubungi penjual setelah itu sampaikan permasalah terhadap barang belanjaan yang rusak tersebut jangan lupa sertakan fakta yang kuat dapat berbentuk gambar ataupun video pada saat unboxing

Baca Juga :  Tips Pindahan Rumah Antar Pulau

Berikutnya penjual lah yang akan melakukan pengajuan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ID Express melalui Shopee, ini adalah mekanismenya

Jadi dari alur mekanisme pengajuan klaim asuransi tersebut yang dapat memprosesnya adalah penjual, sebagai pembeli wajib cepat menghubungi penjual bila terjadi kerusakan terhadap barang pesanannya. Mengingat terdapatnya batas maksimal.

Ada pula informasi yang diperlukan untuk pengajuan klaim asuransi ini, antara lain:

  • No pesanan
  • No Resi ID Express, dan Fakta barang rusak (gambar ataupun video).

Seperti itu mengapa penting sekali membuat dokumentasi pada saat membuka paket yang berisi barang belanjaan yang dibeli secara online. Biar nantinya bila terjadi kerusakan dapat dengan gampang mengajukan komplain terhadap pihak terpaut (penjual).

Nah, seperti itu cara komplain yang dapat Kamu seleksi sesuai kemauan. Tetapi, sebelum melakukannya ada baiknya untuk memastikan kalau paket betul- betul bermasalah. Salah satu triknya dengan cek resi.,

Cara Cek Resi ID Express

Silahkan simak langkah demi langkah cara cek resi ID Express:

  1. Buka situs idexpress.com kemudian seleksi menu Tracking bagian atas halaman utama.
  2. Bila telah, silahkan masukan Nomor. Resi di kolom No Waybill.
  3. setelah itu tekan Icon Kaca Pembesar di sebelah kanannya
  4. Berakhir. Status pengiriman paket Kamu akan dimunculkan

Nah, gimana cara cek resi untuk barang pesanan di Shopee yang memakai ID Express sebagai kurir pengirimannya?

Tenang saja, kami sudah buatkan panduan cara cek resi ID Express dari Shopee lengkap yang wajib Kamu baca

Nyatanya malaui situs formal ID Express ada pula fitur cek tarif ongkir, perihal ini dapat sangat berguna untuk para konsumen untuk mengetahui perkiraan biaya pengiriman dari kota asal ke alamat tujuan

Cara Cek Tarif Ongkir ID Express

Triknya cukup gampang kok, berikut ini panduannya:

  1. Buka situs formal ID Express
  2. arahkan kursor ke menu Services
  3. setelah itu seleksi opsi Tarif Kiriman.

Silahkan isi kolom yang ada sesuai dengan informasi pengiriman paket Kamu, meliputi:

  • Kota asal pengirim
  • Alamat tujuan pengiriman
  • Berat paket
  • Volume paket
  • Bila telah semua diisi terakhir masukkan kode yang ada pada gambar
  • setelah itu tekan tombol“ Verifikasi”.
  • Berakhir. Tarif ongkir akan dimunculkan

Gimana? Sampai disini telah cukup mengertikan?

Mengajukan komplain memanglah sangat penting untuk dilakukan terlebih paket yang dikirimkan hadapi kerusakan ataupun bahkan hilang dalam proses pengiriman.

Untungnya ID Express mempunyai layanan yang cukup baik untuk menanggulangi masalah- masalah pengiriman yang dirasakan para pelanggannya.

Bila mau cepat ditanggapi, hendaknya pakai layanan call center ataupun live chat untuk keluahan Kamu, ataupun bila perlu langsung menghadiri kantor ID Express terdekat.

Nah, mungkin itu saja yang dapat di sampaikan terpaut cara komplain di ID Express ini, mudah- mudahan dapat membantu.

Bila ada yang kurang mengerti ataupun mau ditanyakan, dapat di informasikan pada kolom pendapat yang ada dibigian paling bawah halaman ini.